Monday, June 3, 2019

Penjelasan Gerakan Literasi Sekolah yang Terintegrasi Pada Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pada ulasan kali ini admin blog palavrasemlumebrando akan membahasa mengenai gerakan literasi yang terintegrasi pada rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017. Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah smk merupakan kemampuan mengakses, memahami, juga menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, juga/maupun berbicara. Gerakan Literasi Sekolah smk (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh buat menjadikan sekolah smk sebagai organisasi proses mengajar yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Penjelasan Gerakan Literasi Sekolah yang Terintegrasi Pada Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017

Literasi lebih dari sekadar membaca juga menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, juga auditori. Literasi bisa diuraikan sebagai berikut ;
• Literasi Dini (Early Literacy),
• Literasi Dasar (Basic Literacy),
• Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
• Literasi Media (Media Literacy),
• Literasi Teknologi (Technology Literacy),
• Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad moderen saat ini maupun diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, juga Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Revolusi industri 4.0, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat juga dinamis. Penguasaan keterampilan revolusi industri 4.0 sangat penting, 4 C merupakan jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill. Demikian beberapa tambahan penting pada rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga ulasan admin blog palavrasemlumebrando berguna.

No comments:

Post a Comment